May Day di Subang, Ribuan Buruh Suarakan SEPULTURA

0
32

Subang – Aliansi Buruh Subang membesut tuntutan Spultura atau Sepuluh Tuntutan Rakyat dalam aksi memperingati May Day atau Hari Buruh Sedunia, pada Minggu, 1 Mei 2016.

Diawali dari Longmarch dari kawasan Dungus Biru Kalijati menuju alun alun Subang dan berlanjut ke Wisma Karya lalu akan berakhir di kawasan PT Taekwang di Cibogo.

Sambiil konvoi, para buruh juga menggelar teatrikall, orasi panggung politik & tuntutan di panggung wisma serta music akustic.

Dalam demo tersebut ada istilah SEPULTURA (sepuluh tuntutan Rakyat) yang diusung oleh para buruh; yakni Hapus sistem Kerja Kontrak & Outsourcing, Tolak Politik Upah Murah, Tolak PHK, Union Busting dan Kriminalisasi Anggota & pengurus serikat, Jaminan Sosial Bukan Asuransi sosial.

Mereka juga minta Laksanakan Hak Buruh Perempuan & Lindungi buruh migran, tanah & air untuk kesejahteraan rakyat, Tolak Privatisasi; bangun Industri nasional untuk kesejahteraan rakyat, Pendidikan & kesehatan Gratis untuk rakyat, Tangkap,Adili dan Penjarakan Pengusaha Nakal, serta turunkan harga kebutuhan pokok.

Terakhir, para buruh menilai pelaksana negara gagal menyejahterakan rakyat

subang“Sepultura adalah harga mati yang harus dibayar pemerintah,” kata Anang, seorang aktivis buruh di atas kendaraan bak terbuka yang dijadikan mimbar pidato.

Sepultura adalah Sepuluh Tuntutan Buruh dan Rakyat yang antara lain tuntutannya yakni hapus sistem kerja kontrak & outsourcing, tolak politik upah murah, tolak PHK, union busting dan kriminalisasi anggota & pengurus serikat, jaminan sosial bukan asuransi sosial.

Selain itu, laksanakan hak buruh perempuan & lindungi buruh migran, tanah & air untuk kesejahteraan rakyat, tolak privatisasi; bangun Industri nasional untuk kesejahteraan rakyat, pendidikan & kesehatan gratis untuk rakyat.

“Tangkap, adili dan penjarakan pengusaha nakal, serta turunkan harga kebutuhan pokok,” teriak penyampai orasi dengan nada tinggi. Para buruh menegaskan bahwa pelaksana negara gagal menyejahterakan rakyat.

Kecuali melakukan aksi unjuk rasa di Subang, ribuan buruh Subang juga ikut ambil bagian pada aksi May Day besar-besaran yang dilakukan oleh gabungan buruh yang berasal dari wilayah Jabodetabek, Karawang dan Purwakarta.

LEAVE A REPLY