December 5, 2020

Cita-cita besar, Energi juga harus besar !!!

4 min read

Selasa, 29 Oktober 2019

Kenapa Serikat Buruh di Tingkat Pabrikmu gak bisa berkutik menghadapi anggotamu apalagi menghadapi pengusahamu?

Biasanya kawan2 buruh anggota klo di undang rapat gak mau hadir, di undang kegiatan sosial katanya gak penting, di undang aksi unjuk rasa pada males, di minta bayar iuran di jawab tar sok tar sok, di undang diskusi/pendidikan gak mau tau… bisa jadi itu sudah tanda-tanda kepunahan.

Harusnya serikat buruh tidak seperti ruangan kosong yang hampa tanpa udara. Makanya Pengurus Serikat buruh harus membasis-merakyat-populer di kalangan anggotanya. Apa yang menjadi agenda kegiatan serikat buruh harusnya diketahui dan di sambut anggota dengan sukacita. Setiap moment perjuangan serikat buruhnya harus menjadi semangat seluruh anggotanya. Sehingga loyalitas dan militansi anggota bukan sekedar slogan semata.

Sebagai pengurus serikat buruh, melihat tentang minimnya kesadaran anggota dalam kegiatan serikat buruh tentu menjadi tugas prioritas agar bagaimana anggota memiliki kesadaran kolektif dalam perjuangan keserikat buruhan.

Salah satu caranya, silahkan di periksa lagi dan di kenali lebih dalam tentang perilaku ataupun kegiatan kawan-kawan buruhmu, apakah mereka punya kesibukan lain selain bekerja atau punya hoby tertentu yang ternyata di tekuninya.

Kita pakai cara yang sederhana saja. Pengurus yang aktif di pabrikmu ada berapa orang? silahkan mulai di jadwalkan untuk kunjungan ke rumah/tempat tinggal mereka, bisa satu persatu anggota atau dengan beberapa anggota di gabungin dalam satu agenda kunjungan, tapi khusus yang jarak rumahnya berdekatan.

Kunjungan ini bersifat silaturahmi untuk menjalin ikatan emosional antara pengurus dan anggota. Soal hobby dan kegiatan hanya biar kita tau dan kita paham apakah anggota kita sesungguhnya punya waktu luang atau tidak dalam keseharianya. Untuk tema obrolan bisa bermacam-macam, dari yang ringan sepele sampai yang berat berton-ton. Di lakukan tidak hanya sekali dua kali, tapi di lakukan sampai anggota tersebut benar-benar dapat memahami arti silaturahmi dan arti perkawanan, saling peduli dan saling menghormati.

Makin banyak anggota serikat buruh yang aktif, maka akan mempercepat perluasan struktur, serikat buruh makin membesar, makin banyak buruh pintar, makin banyak buruh berani, makin banyak buruh yang ikut aksi, makin besar peluang untuk memenangkan tuntutan perjuangan.

Ini hanya salah satu cara agar anggota kuat dan solid, sehingga pengusaha tak memandang remeh ke serikat buruhmu. Tentu masih banyak cara cara lain yang juga harus di coba.

Silahkan perbanyak ngopi dengan kawan-kawan anggota. Silahkan di coba.

Terima Kasih

Cita-cita besar, energi juga harus besar…!!!Kenapa Serikat Buruh di Tingkat Pabrikmu gak bisa berkutik menghadapi anggotamu apalagi menghadapi pengusahamu?Biasanya kawan2 buruh anggota klo di undang rapat gak mau hadir, di undang kegiatan sosial katanya gak penting, di undang aksi unjuk rasa pada males, di minta bayar iuran di jawab tar sok tar sok, di undang diskusi/pendidikan gak mau tau… bisa jadi itu sudah tanda-tanda kepunahan.Harusnya serikat buruh tidak seperti ruangan kosong yang hampa tanpa udara. Makanya Pengurus Serikat buruh harus membasis-merakyat-populer di kalangan anggotanya. Apa yang menjadi agenda kegiatan serikat buruh harusnya diketahui dan di sambut anggota dengan sukacita. Setiap moment perjuangan serikat buruhnya harus menjadi semangat seluruh anggotanya. Sehingga loyalitas dan militansi anggota bukan sekedar slogan semata.Sebagai pengurus serikat buruh, melihat tentang minimnya kesadaran anggota dalam kegiatan serikat buruh tentu menjadi tugas prioritas agar bagaimana anggota memiliki kesadaran kolektif dalam perjuangan keserikat buruhan.Salah satu caranya, silahkan di periksa lagi dan di kenali lebih dalam tentang perilaku ataupun kegiatan kawan-kawan buruhmu, apakah mereka punya kesibukan lain selain bekerja atau punya hoby tertentu yang ternyata di tekuninya.Kita pakai cara yang sederhana saja. Pengurus yang aktif di pabrikmu ada berapa orang? silahkan mulai di jadwalkan untuk kunjungan ke rumah/tempat tinggal mereka, bisa satu persatu anggota atau dengan beberapa anggota di gabungin dalam satu agenda kunjungan, tapi khusus yang jarak rumahnya berdekatan. Kunjungan ini bersifat silaturahmi untuk menjalin ikatan emosional antara pengurus dan anggota. Soal hobby dan kegiatan hanya biar kita tau dan kita paham apakah anggota kita sesungguhnya punya waktu luang atau tidak dalam keseharianya. Untuk tema obrolan bisa bermacam-macam, dari yang ringan sepele sampai yang berat berton-ton. Di lakukan tidak hanya sekali dua kali, tapi di lakukan sampai anggota tersebut benar-benar dapat memahami arti silaturahmi dan arti perkawanan, saling peduli dan saling menghormati.Makin banyak anggota serikat buruh yang aktif, maka akan mempercepat perluasan struktur, serikat buruh makin membesar, makin banyak buruh pintar, makin banyak buruh berani, makin banyak buruh yang ikut aksi, makin besar peluang untuk memenangkan tuntutan perjuangan.Ini hanya salah satu cara agar anggota kuat dan solid, sehingga pengusaha tak memandang remeh ke serikat buruhmu. Tentu masih banyak cara cara lain yang juga harus di coba.Silahkan perbanyak ngopi dengan kawan-kawan anggota. Silahkan di coba.Terima Kasih

Dikirim oleh Pengurus Pusat Konfederasi KASBI pada Selasa, 29 Oktober 2019
Sourced
Please follow and like us:

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lupa, Like Share & Subscribe !

en_USEnglish
en_USEnglish