October 20, 2020

Reportase : Peringatan Hari jadi FSBN – KASBI ke 20

7 min read

Tangerang, 5 Januari 2020

Sekitar pukul 09.00 pagi, Waktu Indonesia bagian Barat, di sekitar pantai Tanjung Pasir yang terletak di kecamatan Teluk Naga di Tangerang sudah ramai. Berpakaian merah, ada beberapa diantaranya yang memakai atribut lengan panjang dengan slayer kuning dikepalanya yang mengaku sebagai barisan Bara Kasbi, ada pula yang berpakaian merah bermacam design, gambar Che Guevara salah satunya. Masing-masing sudah terlihat sibuk bergotong royong mengatur tata letak diujung pantai itu. Beberapa ada yang mendirikan tenda, sebagian ada yang memasang bendera, ada juga yang terlihat mangatur sound dan masih banyak lagi kesibukan mereka. Baik laki-laki, perempuan, tua maupun muda terlihat gembira dengan kesibukannya.

Saat itu kami harus secepatnya mempersiapkan semuanya, karena acara yang seharusnya sudah dimulai, harus kami undur karena kondisi cuaca yang hujan. Meski dengan cara yang sederhana, kami harus melakukan dengan sebaik-baiknya acara penting ini,
karena dihari itu, kami selaku anggota Federasi Serikat Buruh Nusantara (FSBN) KASBI telah sepakat untuk memperingati Hari Jadi Serikat Buruh Nusantara yang ke-20.
Sekitar pukul 10.00, semua tampak sudah siap, dan panitia pun memulai acaranya. Sebagai pembawa acara, kawan Anggie dari SBN Victory Chingluh Indonesia dan kawan Atang dari basis Erje London Chemical mengajak seluruh peserta untuk duduk melingkar di tempat yang sudah disiapkan.

Dengan ditemani suara debur ombak yang lumayan kencang acara dimulai dengan sambutan dari ketua panitia yaitu kawan Buyung dari basis Long Teng. Disana dia menyampaikan rasa terimakasih dari kepanitiaan karena sudah dipercayai untuk menjadi panitia pada acara yang sudah cukup lama vakum dan akhirnya dimunculkan lagi. Juga rasa terimakasih karena semua sudah bekerjasama untuk berusaha agar acaranya berjalan sebaik mungkin meskipun sederhana.

Acara selanjutnya, sambutan oleh Ketua Federasi Serikat Buruh Nusantara yakni kawan Ade Mudiawarman. Beliau disana menyampaikan agar agenda ini bukan sekedar untuk merayakan, tapi bagaimana agar melalui acara ini, semua anggota menjadi termotivasi agar lebih kompak, lebih solid kedepannya. Tak lupa juga disampaikannya secara singkat sejarah berdirinya salah satu organisasi buruh di Tangerang ini. Bagaimana beberapa kawan-kawan buruh melakukan diskusi persoalan perburuhan di sebuah malam tahun baru. Bagaimana suka duka serta ujian-ujian terus menerpa disetiap waktu, sampai semua ada dititik saat ini, yang betapa pentingnya sebuah organisasi buruh benar-benar harus memperjuangkan pekerja karena pada dasarnya, kaum buruh tak akan berhenti ditindas.

Melangkah acara selanjutnya, kawan Unang Sunarno mewakili Pengurus Pusat Kongres Aliansi Serikat Buruh Nusantara (KASBI) memberi sambutan atas terselenggaranya acara ini. Sebagai intro, Meneruskan cerita sejarah yang telah disampaikan, beliau sedikit menambahkan apa yang sudah disampaikan, karena bersama dengan Pak de poniman, tinggal mereka berdualah orang-orang pendiri FSBN yang sampai saat ini masih ada di dalamnya. Kemudian kawan Sunar menyampaikan ke semua peserta, adalah tugas kita bersama untuk meneruskan perjuangan dan tujuan mulia organisasi ini didirikan. Karena yang saat ini terjadi kaum buruh tak ada hentinya diperas dan ditindas untuk kaum pemodal.

Organisasi buruh haruslah berani melawan , didalam situasi krisis ekonomi yang ada, pemerintah selalu berupaya melahirkan regulasi-regulasi yang membuat para pekerja semakin kehilangan hak-haknya. Setelah diprotesnya RUU ketenagakerjaan, ditahun 2020 ini, akan ada Omnibuslaw yang secara garis besarnya isinya tak berbeda dengan RUU tadi. Subtansi dari program omnibuslaw-Ruu Cilaka sebenarnya masih sama dengan rencana Revisi UUKetenagakerjaan yang di tolak kaum buruh beberapa waktu yang lalu, yaitu PHK di permudah dan Hak pesangon di kurangi, jaminan sosial berbayar seperti asuransi, sistem kerja kontrak/PKWT dan outsourcing lebih di longgarkan lagi, pengupahan dibuat lebih fleksibel dengan pembayaran upah berdasarkan jam kerja, pemberlakuan upah murah di industri padat karya. Undang-undang Cipta Lapangan Kerja akan disegera disahkan , dan disana isinya adalah perampasan hak-hak bagi kaum buruh. Maka dari rentetan upaya-upaya yang merugikan buruh tadi, sudah seharusnya buruh sadar dan berani melangkah berjuang, sudah saatnya buruh menggalang kekuatan bersama, karena persatuanlah kekuatan sejati kaum buruh. Sambutan kawan Sunar seolah menampar, menyadarkan kami agar bangun dari tidur selama ini.

Dilain pihak organisasi buruh saat ini juga duhadapkan dengan tantangan permasalah internal, menyoroti soal cara berkomunikasi yang buruk antar kepenguruan atau pengurus dengan anggota bisa berdampak pada kolektivitas organisasi, terutama komunikasi via medsos, Facebook, Whatsapp grup dll, sebab hanya dengan tulisan terbatas, dan masing-masing pribadi bisa salah menafsirkanya, sepele tapi bisa berdampak fatal bagi persatuan organisasi.

Selanjutnya juga soal pengurus dan anggota memiliki kewajiban menjaga organisasi dari tindakan dan perbuatan personal pengurus/anggota Fsbn-Kasbi yang bisa berdampak buruk pada citra organisasi, misalnya dikeluarga suka beralasan ada tugas organisasi padahal pergi karena urusan lain, merendahkan buruh perempuan, pelecehan seksual, berjudi, berbuat jahat di lingkungan masyarakat, dll. Hal-hal ini adalah kelemahan bagi sebuah organisasi buruh jika tak ditangani secara serius dan akan melemahkan proses atau langgam-langgam kerja organisasi. Sekecil apapun itu, kelamahan atau permasalahan yang ada harus dibenahi oleh kita bersama, dari semua jajaran, baik pengurus, bara kasbi, maupun anggota.

Kemudian tak ketinggalan juga, sambutan dari Koordinator Pengurus Cabang Kabupaten Tangerang yaitu kawan Nurrohmanto dan kawan Dedi selaku Koordinator Pengurus Cabang Kota Tangerang menyampaikan sambutan diacara ini. Mereka mengajak agar semua anggota dimasing-masing cabang berantusias mendukung dan bersama-sama menguti program-program organisasi kedepannya. Karena pada dasarnya, progam-program yang ada selama ini adalah sepenuhnya demi kebaikan kita bersama.

Setelah sambutan-sambutan sudah tersampaikan, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Prosesi ini melambangkan rasa syukur kepada Tuhan dan sekaligus ungkapan atau ajaran hidup mengenai kebersamaan dan kerukunan. Tumpeng sendiri memiliki makna filosofi “yen metu kudu lempeng” atau “Jika keluar harus bersungguh-sungguh penuh semangat”. Pemotonganya dilakukan oleh Ade Mudiawarman selaku ketua FSBN yang tentunya dilakukan doa bersama untuk kebaikan FSBN kedepan. Prosesi ini pun langsung dilanjutkan dengan makan bersama. Beberapa peserta memilih nasi tumpengnya untuk dinikmati, sebagian lagi memilih menu makanan yang sudah disiapkan kawan Partini dan tim konsumsi. Ada pilihan ikan bakar dana ayam bakar yang sangat menggugah selera makan.

Setelah itu semua, peserta kumpul bersama kembali. Karena acara selanjutnya adalah acara inti dari serangkaian kegiatan ini. Yaitu Konsolidasi bersama, diskusi bersama, untuk kemajuan FSBN. Pembawa acara mempersilahkan para peserta untuk mengelompakkan diri menjadi 3 forum. Pertama forum konsolidasi buruh perempuan yang terdiri dari peserta perempuan. Lalu forum Pengurus yang beranggotakan pengurus-pengurus perusahaan disetiap basis. Dan forum konsolidasi yang ketiga adalah barisan Bara Kasbi yang isinya anggota Bara Kasbi di semua lini. Masing-masing forum dipersilahkan mendiskusikan capaian dan kekurangan/kelemahan yang selama ini ada disetiap kelompok. Mendiskusikan bersama apa rekomendasi kedepan, dan mengikatnya menjadi komitmen bersama untuk kebaikan dan kemajuan organisasi.

Masing-masing forum terlihat begitu serius dan antusias. Kelompok pertama, peserta dari buruh perempuan yang dipimpin oleh kawan Anggie dan didampingi oleh kawan Simon, memilih asik berdiskusi di bawah rindangnya pepohonan. Kelompok pengurus tingkat perusahaan yang di dampingi kawan Gunawan, kawan Fras serta Pak De Poniman memilih tetap tinggal di tempat semula. Sementara barisan Bara Kasbi yang dibimbing oleh kawan Dedi dan kawan Imron selaku komcab kabupaten, sedikit mendekat kea rah bibir pantai untuk berdiskusi.Waktu yang diberikan pun habis, tibalah momen dimana setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.

Kelompok Buruh perempuan maju untuk menyampaikan apa yang telah disepakati, disana ada beberapa poin kesepakatan bersama yaitu:

1. Buruh perempuan mengakui bahwa selama ini buruh perempuan disetiap basis masih sangatlah minim kesadaran berorganisasinya, ini memicu mereka agar bagaimana kedepan buruh perempuan harus meningkatkan lagi antusias mereka mengikuti kegiatan organisasi serta mengajak buruh-buruh perempuan lainya agar mulai sadar pentingnya mengenal organisasi mereka.
2. Sepakat untuk melakukan pertemuan bulanan secara rutin, yang akan diisi dengan diskusi ataupun pendidikan khusus bagi anggota perempuan.
3. Mengajukan agenda tour bersama untuk memicu semangat dan antusias serta sebagai media refreshing .

Penyampaian ini sontak disambut tepuk tangan dari semua peserta yang hadir disana. Sebagai simbol apresiasi dan dukungan kepada kaum buruh perempuan atas rencana yang telah disepakati.

Kelompok kedua, forum diskusi para pengurus pimpinan tingkat perusahaan adalah kelompok kedua yang menyampaikan hasil diskusinya. Beberapa hal yang disampaikan adalah:
1. Agar kedepan organisasi lebih mempersiapkan secara matang ketika ada agenda, ini berguna agar para pengurus bias mengupayakan secara maksimal apa yang harus dilakukan disetiap basis.
2. Mengajak dan mendorong basis-basis tingkat perusahaan yang selama ini kurang antusias merespon program FSBN , agar kedepan bisa lebih ada rasa kepedulian akan pentingnya program sebagai tanggung jawab bersama.
3. Memberi masukan kepada jajaran pengurus pusat FSBN, agar memberikan arahan secara khusus, dan menyikapi lebih serius terhadap basis-basis PTP yang selama ini tidak ada kontribusinya terhadap organisasi.

Kemudian tibalah giliran kelompok diskusi ketiga, yakni kelompok barisan Bara Kasbi menyampaikan beberapa hal yang disepakati bersama, diantaranya:

1. Karena adanya Kepemimpinan Bara Kasbi yang saat ini kosong, dalam waktu dekat akan disepakati bersama untuk menun juk dan mengisi struktur kepemimpinan yang kosong, dengan tujuan agar lebih memudahkan koordinasi sampai tingkat paling bawah.
2. Menyepakati bersama bahwa perlu dan sangat penting adanya penguatan barisan Bara Kasbi. Diantaranya adalah mengaktifkan kembali petemuan rutin yang pernah dilakukan setiap dua minggu sekali, serta mengajak adan merekrut anggota agar bergabung menjadi Bara Kasbi mengingat minimnya kuantitas Bara kasbi saat ini.
3. Akan melakukan evaluasi diri di lini Bara Kasbi sendiri, dengan tujuan agar kelemahan-kelemahan yang selama ini terjadi tak akan terjadi lagi dikemudian hari.

Setelah semua kelompok menyampaikan hasil kesepakatannya, Menginjak acara yang terakhir yaitu acara hiburan dan ramah tamah, pembagian doorprize oleh panitia mulai dilakukan. Tapi hal ini dilakukan dengan memasukkan unsur pengetahuan tentang perburuhan. Karena untuk mendapatkan hadiah, peserta harus menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan oleh panitia. Suasana begitu ramai karena semua peserta terlihat sangat bersemangat, satu persatu hadiah didapatkan, ada yang mendapat sandal, payung, kipas dan hadiah menarik lainnya. Terlihat sekali semua berkompetisi penuh kehangatan, cuaca yang mendung sepanjang hari sepertinya berkawan pada kami, memberi keteduhan dari panasnya matahari.

Acara demi acara pun telah dilalui, dan acara wujud syukur atas hari jadi FSBN yang ke-20 pun telah berakhir, tapi bukan berarti semangat dan antusias kita pun berakhir, karena kedepan kami harus mempraktekkan apa yang telah kami sepakati bersama, terus selalu berjuang mensejahterakan buruh, dan akan terus menggelorakan api perlawanan sesuai dengan tema acara “KOBARKAN TERUS SEMANGAT JUANG DAN MILITANSIMU, SEBAB KAUM PENINDAS TAK PERNAH BERHENTI MENINDAS”

Kontributor : Tajudin (Staf Biro Pendidikan dan Propaganda PP FSBN).

Please follow and like us:

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lupa, Like Share & Subscribe !

en_USEnglish
en_USEnglish