Mon. Mar 30th, 2020

Statement WFTU atas Pandemi Coronavirus

2 min read

TIDAK BOLEH ADA BURUH KEHILANGAN PEKERJAAN!

Silahkan Baca dan Bagikan!

WFTU (Word Federation of Trade Unions) memandang Pandemi Virus Corona adalah ancaman serius bagi seluruh umat manusia dan khususnya KAUM BURUH di seluruh penjuru dunia.

============================================

Gabungan Serikat Pekerja Dunia, (WFTU) atas nama lebih dari 100 juta anggotanya di seluruh dunia, menyatakan dukungannya kepada para pekerja di seluruh dunia, yang menghadapi konsekuensi pada kesehatan mereka dan ancaman pada hak-hak dasar mereka, karena wabah Coronavirus yang sekarang telah mencatat jumlah besar kasus dan kematian.

Kami mendesak kepada seluruh pemerintah untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjamin kehidupan dan kesehatan kaum buruh, dan juga perlindungan atas hak-hak buruh.

Sebagai serikat buruh yang berorientasi pada kelas buruh, kami memberikan perhatian dan penghargaan atas kontribusi heroik dari para pekerja kesehatan dan ilmuwan, baik di rumah sakit maupun tempat lain, yang terus berjuang untuk melindungi kehidupan kaum buruh dan rakyat dalam kondisi yang berat dan sistem kesehatan yang buruk dan tak memadai.

Kami memberikan perhatian atas kesenjangan yang terjadi dalam sistem kesehatan sebagai dampak dari alokasi dana yang minim oleh Negara dan kebijakan komersialisasi sektor kesehatan yang tidak memperhatikan bahwa pelayanan dan perlindungan kesehatan adalah hak universal, tetapi malahan melihat sebagai komoditas untuk mengeruk keuntungan bagi industri kesehatan dan farmasi. Sistem kesehatan yang memprihatikan, bahkan di berbagai tempat tidak ada sama sekali, di Afrika, Asia dan Amerika Latin menempatkan buruh dalam ancaman yang besar pada masa pandemi ini.

Kaum buruh, terutama di sektor pariwisata maupun mereka yang bekerja dalam sistem waktu yang fleksibel yang mengalami pemutusan hubungan kerja, mereka tidak seharusnya menjadi tumbal atas merebaknya Corona virus dalam ekonomi global.

Kami menuntut:

  1. Perekrutan permanen bagi petugas medis dan perawat bersamaan dengan penciptaan sistem baru kesehatan publik.
  2. Seluruh layanan publik harus dibekali dengan peralatan kesehatan yang memadai yang disediakan secara gratis oleh pemerintah bagi seluruh populasi.
  3. Waktu istirahat atau cuti dengan pembayaran yang penuh dan asuransi harus diberikan kepada:
    a. Pekerja yang sakit
    b. Pekerja yang terpaksa diliburkan karena situasi darurat.
    c. Pekerja yang harus merawat anggota keluarga, anak atau orang tua yang harus tinggal di rumah karena penutupan sekolah dan rumah perawatan.
  4. Perlindungan yang terukur dan memadai di seluruh tempat kerja.
  5. Segala upaya pengerukan laba oleh perusahaan multinasional dan perusahaan monopoli yang bertentangan dengan kepentingan umum harus segera dihentikan.

Dalam masa dimana pengembangan dan kemajuan teknologi begitu cepat, terdapat berbagai kemungkinan yang produktif dan ilmiah untuk menghadang dan melindungi masyarakat dari epidemi. Akan tetapi sebaliknya, kaum buruh dan mayoritas rakyat menderita akibat sistem kapitalisme yang barbar, dan selalu dipaksa untuk mengambil resiko yang membahayakan kehidupan dirinya dan keberlangsungan hidup keluarganya.

Kami mendesak seluruh Negara, Pemerintah, dan lembaga-lembaga internasional untuk segera mengambil kebijakan yang mendasar dan menyeluruh untuk memberikan pencegahan dan perlindungan atas kesehatan dan kehidupan kaum buruh dan rakyat, seiring dengan perlindungan atas hak-hak pekerja terhadap dampak dari kebijakan yang mungkin timbul.

Sekretariat WFTU

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lupa, Like Share & Subscribe !

en_USEnglish
en_USEnglish