November 29, 2021

HARAPAN SELALU ADA, SEMANGAT PERJUANGAN BISA DITULARKAN !

3 min read

BLORA, 15/11 – PERTAMINA, Perusahaan Raksasa BUMN yang fokus bisnisnya berada di sektor Minyak dan Gas yang tersebar hampir di seluruh penjuru Indonesia. Sebagaimana diketahui, melalui Menteri BUMN Erick Tohir, yang salah satu didalamnya PERTAMINA menerapkan Nilai Dasar AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) namun ternyata landasan tersebut  TIDAK TERJADI kepada Buruhnya yang bekerja Pagi Siang Malam menyumbangkan pundi-pundi keuntungan sehingga bisnisnya kini terus menggurita dari hulu hingga hilir, sungguh miris praktek Kerja Kontrak Seumur Hidup bahkan Outsourcing seakan menjadi kelumrahan sehingga membuat rentan Buruhnya bisa dengan mudah di PHK, di upah dengan murah, bahkan terancam kehilangan jaminan sosial sebagaimana hal tersebut kini di legalkan oleh Rezim Jokowi melalui UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja beserta PP turunannya yang semakin menyengsarakan Kaum Buruh dan Rakyat Indonesia.

Faktanya terjadi di salah satu Serikat Buruh Anggota Konfederasi KASBI, Serikat Pekerja Kontrak Pertamina Cepu (SPKP-FSBMigas KASBI) yang mana pada Agustus 2017 terjadi pemutusan kontrak Pertamina EP dengan KSO GCI (Kerjasama Operasi PT. Pertamina dengan PT. Geo Cepu Indonesia) yang salah satu vendornya, yakni PT. CPM sehingga menyebabkan :
a.Upah Bulan Agustus 2017 yang hingga kini belum dibayarkan;
b.Status tenaga kerja yang diperbantukan ke KSO GCI sejak tahun 2013-2017 dianggap masa kerja 0 tahun sehingga berimbas dengan hilangnya skala dan struktur upah Kawan-kawan yang bekerja jauh sebelum periode KSO GCI dengan Pertamina EP

Upaya pengadvokasian terus di tempuh, mulai dari pelaporan ke DisNaKer setempat hingga Mediasi dengan Disnaker tingkatan Provinsi Jawa Tengah. Hingga pada Agustus 2019 terjadi mediasi dengan perwakilan berbagai pihak terkait, bahwa PT. CPM selaku salah satu Vendor KSO GCI SIAP MEMBAYARKAN HAK KAWAN-KAWAN PADA BULAN OKTOBER 2019 dan KESEPAKATAN TERSEBUT DITANDATANGANI DIATAS MATERAI.
Namun setelah terjadi kesepakatan, PT. CPM berkelit meminta untuk diadakan mediasi sekali lagi dengan menghadirkan Perwakilan Pertamina EP, dengan dalih Pihak Pertamina EP mempunyai kapasitas Pemegang atau Pengambil Keputusan yang ironisnya sampai hari ini TIDAK ADA TANGGAPAN SERIUS dari Pihak Pertamina EP.

Tak mau menyerah begitu saja, kawan-kawan SPKP Cepu FSBMigas-KASBI pada tahun 2020 kemudian mengadukan Permasalahan tersebut ke Bupati Blora, kemudian dilakukan mediasi dengan Pertamina EP akan tetapi Perwakilan yang dihadirkan oleh Pihak Pertamina EP tidak tahu menahu terkait permasalahan hak ataupun permasalahan peralihan tersebut, hingga kabar ini diterbitkan mediasi yang dilakukan dengan Bupati Blora tidak ada kejelasan karena situasi pada saat itu terkendala Pandemi Covid-19.

Ditengah ketidakpastian hasil mediasi dengan Bupati Kab.Blora, kemudian kawan-kawan SPKP Cepu FSBMIGAS-KASBI pada 4 Oktober 2021 melanjutkan upaya litigasinya dengan mendatangi Kantor DPRD Kab. Blora untuk memastikan kejelasan terkait penyelesaian permasalahan ketenagakerjaan tersebut. Pasca audiensi tersebut, Perwakilan DPRD Kab. Blora mengundang para Pihak, termasuk Perwakilan Pertamina EP Cepu agar bisa memberikan keputusan terkait Penyelesaian permasalahan tersebut namun pada Mediasi tersebut Pihak Pertamina EP Cepu tidak memberikan keputusan sehingga timbul tawaran dari DPRD Kab. Blora untuk bertemu dengan Perwakilan Pertamina EP di Jakarta pada tanggal 26 November 2021.

Tak mau permasalahannya berlarut seperti Bola PingPong, Kawan Eiben selaku Sekum SPKP Cepu FSBMigas-KASBI mengagendakan untuk bertemu dengan Field Manager Pertamina EP Cepu pada Senin (15/11). Namun yang bersangkutan tidak bisa menemui dengan alasan ada Rapat yang tak bisa ditinggalkan. Sehingga agenda tersebut di reschedule, dan rencananya pada Senin (22/11) akan dilangsungkan Audiensi dengan Field Manager Pertamina Cepu.

Tetaplah tegak kawan-kawan SPKP Cepu FSBMIGAS-KASBI !
Harapan akan selalu ada seiring dengan Perjuangan yang dilakukan !

Kaum Buruh Sadar & Begeraklah, Kalian Manusia bukan Sapi Perah Perusahaan !

Salam Muda Berani Militan !

#Pertamina #PertaminaEPCepu #CerdasBerserikat #FSBMigas #KonfederasiKASBI

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lupa, Like Share & Subscribe !

en_USEnglish