December 6, 2022

Muda, Berani, Militan !

3 Oktober 2022 : Hari Aksi Internasional Federasi Serikat Buruh Se-Dunia (WFTU)

3 min read

Dengan tuntutan umum:

• Kami tidak akan mau ditumbalkan atas Krisis Kapitalis dan Perang Imperialis
• Naikkan Upah dan Tunjangan Pensiun bagi Kaum Buruh sekarang juga
• Perjuangan dalam solidaritas – Internasional

77 tahun sejak berdirinya Federasi Serikat Buruh Se-Dunia (WFTU) pada tanggal 3 Oktober 1945, kebutuhan untuk Memperkuat, Meningkatkan segala bentuk perjuangan dan tuntutan kaum buruh di seluruh dunia merupakan satu-satunya jalan.

Kami menyerukan pada Kaum buruh beserta Serikat Buruhnya di seluruh penjuru dunia untuk bersama-sama berkontribusi didalam organisasinya, Mengembangkan dan Memperkuat serikat buruhnya. Perjuangan yang terjadi di beberapa negara merupakan Harapan dan Masa Depan kita.

Solidaritas merupakan senjata kita.
Kami membangun benteng perlindungan bagi klas pekerja dan menuntut Dunia Tanpa Penindasan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada tanggal 6,7 dan 8 Mei 2022 di Roma berlangsung Kongres Serikat Buruh Sedunia ke-18 dengan slogan “Bersatu kita lanjutkan Demi Hidup Layak. Melawan kebiadaban Imperialis-Kapitalis”

Kongres bersejarah ini telah menegaskan kembali mengenai karakter WFTU yang Anti-Imperialis dan Anti Fasis, serta komitmen mengenai perjuangan pembebasan Klas Buruh dari belenggu kapitalis.

Dunia saat ini tengah menghadapi fase ekstrim persaingan politik, ekonomi, dan militer, yang bertujuan untuk mengendalikan dan mengeksploitasi sumber daya ekonomi planet kita.

Rakyat menjadi tumbal atas persaingan Imperialis seperti kematian, pengungsi, serta dengan semakin buruknya kondisi hidup dan kerja bagi Rakyat Mayoritas.

Beragam bahaya dan ancaman terhadap perdamaian dunia, terus meningkat eskalasinya setelah invasi Rusia ke Ukraina. Disaat yang bersamaan para Imperialis menyerang Rakyat Palestina, Kuba, Afghanistan untuk kepentingan mereka sendiri, melanjutkan intervensi dan sanksi negara Imperialis terhadap Suriah, Venezuela dan negara lainnya. Itulah mengapa kita perlu melanjutkan aksi secara internasional.

Saat ini, Krisis Ekonomi Kapital terus menghantui. Pandemi tidak hanya secara dramatis memperluas kesenjangan sosial, tapi juga digunakan untuk membungkam berbagai Hak Demokratis dan Kebebasan Berserikat.

Bagi kami, jelas bahwa hanya melalui Perjuangan dan dengan massa militan yang terorganisir dalam setiap tuntutan, tujuan gerakan buruh terwujud dan kesejahteraan sosial dapat tercapai.
Berbagai perjuangan demi hidup layak bagi Kaum Buruh di semua sektor : Upah, Pekerjaan, Keamanan, Lingkungan, dan Mental untuk mempertahankan Hak Demokratis dan Kebebasan Berserikat, Perundingan Bersama, dan kondisi kerja yang stabil, tetap yang disepakati melalui perjanjian bersama dan melindungi otonomi Serikat Buruh yang berorientasi klas agar terhindar dari birokratisasi, korupsi, dan manipulasi oleh pemodal dan pengusaha.

Lawan segala bentuk diskriminasi terhadap ras, warna kulit, agama, atau jenis kelamin.

Isu dominan saat ini yang menjadi agenda penting serikat buruh adalah kemerosotan dramatis standar hidup kaum buruh karena kenaikan tajam berbagai harga kebutuhan. Kenaikan tajam dan tak terkendali terhadap berbagai harga kebutuhan pokok, melemahnya daya beli karena Upah Murah, tetapi dalam banyak kasus, berbagai subsidi dikurangi dengan dalih krisis dan pandemi.

Harapan selama masa pandemi ini adalah berbagai perjuangan dan mobilisasi serikat buruh untuk mencegah berbagai kebijakan rezim yang anti-rakyat, yang menginginkan kaum buruh serta buruh kesehatan bungkam dan tunduk.

Ribuan kaum buruh termasuk tenaga kesehatan turun ke jalan berjuang dan memberikan kekuatan dan optimisme kepada semua untuk mematahkan rasa takut, intimidasi dan penindasan. Terutama untuk layanan dan perawatan kesehatan gratis bagi semua, tanpa terkecuali.
Karena kesehatan merupakan barang sosial, bukan komoditas, dan paten atas obat-obatan harus dihapuskan.

-TIDAK ADA WAKTU LAGI, TIDAK ADA TOLERANSI –

DI DALAM KEKUATAN PERJUANGAN YANG TERORGANISIR, ADA HARAPAN DAN MASA DEPAN

Federasi Serikat Buruh Se-Dunia (WFTU) hadir di manapun bagi Kaum Buruh untuk berjuang bersama dalam Persatuan dan Kepentingan Klas Buruh, tanpa menunggu adanya monopoli, kepentingan bisnis, dan Perwakilan Politik untuk menyelamatkan dan menyelesaikan masalah Klas Penguasa.

Sekretariat Federasi Serikat Buruh Se-Dunia (WFTU) menyerukan kepada semua Serikat Buruh untuk mengorganisir massa dan monilisasi secara militan menjelang 3 Oktober, menyoroti tuntutan mengenai kesehatan, perundingan bersama, kebebasan berserikat beserta haknya sebagai Serikat Buruh, perlindungan lingkungan, penghapusan rasisme dan xenofobia, solidaritas antar kaum buruh.

Pengurus Pusat Konfederasi KASBI – WFTU

Please follow and like us:
Pin Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lupa, Like Share & Subscribe !

en_USEnglish